Bedah Buku Perjalanan Gerakan Jihad

Negara-negara Barat seperti AS dkk, hingga kini tetap giat mempropagandakan pandangan bahwa jihad sama dengan teror, mujahidin sama dengan teroris atau ekstremis yang harus dimusuhi, dilawan, dan dibinasakan. 

Mereka khawatir dengan bangkitnya semangat kaum Muslim melawan hegemoni sistem kufur yang dipelopori AS. Sehingga dengan berbagai upaya mereka tempuh, semua itu mengaburkan makna jihad yang sebenarnya.  Inilah yang sekarang terjadi di negeri ini.

Di sisi lain gerakan jihad (para pengusung jihad), dari awal hingga hari ini telah melalui perjalanan panjang dan berliku. Ia mengalir seiring waktu dan mengalami pasang surut. Ia telah mengalami sekian ujian dan konspirasi baik dalam skala lokal, regional, maupun internasional.

Ini adalah buku yang memuat sejarah kebangkitan Islam dan gerakan jihad sejak runtuhnya khilafah hingga permulaan perang antiterorisme global hari ini. Layaknya pertunjukan di panggung sejarah, buku ini menyuguhkan serangkaian episode perjalanan dan ekperimen gerakan jihad dari masa ke masa yang sangat mempengaruhi peta politik dunia.

Dalam buku ini, penulisnya yang merupakan salah satu mentor jihad menceritakan kronologi, metode perjuangan, dinamika perjuangan yang dihadapi, ujian, konflik internal, intrik, penetrasi intelijen, dan liku-liku Ash-shafwah Al-Islamiyyah (kebangkitan Islam). 

Termasuk bagian yang sangat fundamental adalah berevolusinya gerakan jihad dari lokal menjadi gerakan internasional. Bagai sebuah janji langit, kemunculan gerakan jihad tak akan pernah mati. Karenanya, evaluasi dan masukan penulis dalam buku ini menjadi catatan penting yang menghubungkan pemikiran dan manhaj antargenerasi.







0 Komentar untuk "Bedah Buku Perjalanan Gerakan Jihad"

Postingan Populer

Back To Top